6 Tempat Wisata Paling Populer yang Wajib Dikunjungi di Banyuwangi

Banyuwangi merupakan salah satu kota besar di Jawa Timur yang semakin populer selama beberapa tahun terakhir. Anda bisa memesan tiket kereta api secara online jika ingin berlibur ke Banyuwangi. Karena kini akses transportasi ke Banyuwangi memang semakin mudah bagi para wisatawan.

Tempat Wisata Paling Populer

Tempat Wisata Paling Populer

Kalau nanti Anda berlibur ke Banyuwangi, jangan lupa mengunjungi 6 tempat wisata terkenal berikut ini. Nikmati sensasi liburan istimewa di Banyuwangi yang tak akan Anda dapatkan di kota-kota lain:

Kawah Ijen Banyuwangi

Kawah Ijen Banyuwangi sudah ditetapkan sebagai cagar biosfer versi UNESCO pada tahun 2016. Sehingga tak mengherankan jika tempat wisata yang satu ini juga semakin dikenal oleh wisatawan asing. Fenomena api biru (blue fire) di tambang belerang Kawah Ijen hanya bisa dilihat pada jam 5 subuh. Banyak wisatawan yang sengaja melakukan pendakian sejak dini hari hanya untuk melihat dan mengabadikan blue fire.

Jawatan Benculuk

Destinasi wisata yang satu ini sangat instagramable karena pemandangannya yang eksotis. Jawatan Benculuk terdiri dari kumpulan pohon trembesi yang menjulang tinggi dan menimbulkan kesan magis yang tak biasa. Para wisatawan yang hobi berburu foto pasti sangat senang mengunjungi objek wisata alam yang satu ini. Sinar matahari pagi dan sore hari yang menembus celah-celah pohon dapat menghasilkan efek-efek foto alami yang istimewa.

Desa Wisata Osing

Desa Wisata Osing memiliki nama asli Desa Kemiren. Salah satu ciri khas Desa Osing adalah rumah-rumah kuno khas Osing dengan arsitektur yang istimewa. Anda juga berkesempatan menyaksikan aneka pertunjukan kesenian khas Osing seperti Barong Kemiren, Othek, Tari Gandrung, dan Angklung Paglak. Selagi singgah di Desa Osing, Anda dapat menikmati sajian makanan ringan khas Osing yang tak ada di tempat lainnya.

Waduk Bajulmati

Waduk Bajulmati yang terletak di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso baru dibuka pada Juli 2016. Pesona waduk yang satu ini ternyata tak kalah dengan kawasan Raja Ampat. Ada gundukan-gundukan tanah yang membuat pemandangan di sekitar waduk jadi lebih eksotis. Ketika Anda berwisata ke Waduk Bajulmati, Anda bisa berburu foto-foto istimewa sambil menikmati suasana waduk.

Pantai Pulau Merah

Destinasi wisata yang satu ini memperoleh namanya dari kondisi tanah berwarna merah di sekitar bibir pantai. Pulau Merah memiliki bukit yang terdiri dari pohon-pohon dan semak belukar. Ketika air sedang surut, Anda bisa menuju ke sekitar bukit tersebut. Kalau Anda beruntung, maka Anda bisa menikmati suasana bukit yang indah. Pantai Pulau Merah memiliki pura Hindu bernama Pura Tawang Alun. Sehingga kawasan ini menjadi salah satu destinasi penting pada hari-hari raya keagamaan Hindu.

Air Terjun Kampung Anyar

Tempat wisata yang terletak di kawasan Desa Suruh ini terdiri dari 3 air terjun besar, yaitu Air Terjun Kampung Anyar, Air Terjun Pawon, dan Air Terjun Ketegan. Air Pawon memiliki bentuk yang unik karena aliran airnya melebar dan konturnya berupa bebatuan bertingkat. Sementara itu, Air Terjun Ketegan merupakan air terjun dengan aliran air tertinggi mencapai lebih dari 50 meter dengan arus yang sangat deras. Suasana di sekitar Air Terjun Kampung Anyar ini sangat asri dan sejuk. Anda bisa bersantai dalam waktu lama sembari menikmati aliran air terjun yang sangat jernih.

Terbukti kan kalau tempat wisata populer tak harus berupa objek wisata kekinian yang serba modern. Daftar tempat wisata istimewa di Banyuwangi ini pasti membuat Anda makin tak sabar mengunjunginya. Sekarang, mari siapkan dulu akomodasi dan tiket kereta yang Anda butuhkan untuk mengunjungi Banyuwangi.